Sabtu, 29 Juni 2013

GORDON WILLARD ALLPORT


1.1  Riwayat Kehidupan Allport
Gordon Willard Allport lahir pada 11 November 1897 lahir di Montezuna, Indiana, dari pasangan John E. Allport dan Nellie Wise Allport sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. Awalnya ayahnya adalah seorang pengusaha , namun ketika Allport lahir beliau beralih pekerjaan dibidang obat – obatan (medis). Ibunya seorang guru dan merupakan protestan yang alim.
Ketika Allport berumur 6 tahun, keluarganya telah berpindah sebanyak tiga kali-dan akhirnya menetap di Cleveland, Ohio. Allport kecil mengembangkan ketertarikannya pada Philosophi dan pertanyaan keagamaan yang banyak memberikan kesempatan untuk berkata-kata. Dia menggambarkan dirinya sebagai sosial “terpisah” yang menggunakan lingkaran aktivitasnya sendiri. Dia juga menyatakan bahwa dia adalah anak yang lebih memiliki kemampuan dalam merangkai kata daripada olahraga ataupun bermain dengan rekan sebaya.
Pada tahun 1915 ia masuk ke Universitas Harvard, dan menjadi sarjana pada tahun 1919. Pada tahun 1922 Allport menerima gelar Ph.D ilmu psikologi di Harvard, setelah 2 tahun menjalani pendidikan. Dan pada akhirnya Dr Allport merubah rumahnya menjadi bentuk kecil dari rumah sakit. Ditemukan suster-suster dan para pasien di rumah, bersih dan keadaan yang steril diberlakukan.
Bagi Allport, Psikologi harus lebih menaruh perhatian kepada kesadaran atau motivasi yang terlihat. Allport mendapatkan penghargaan dalam bidang psikologi, yaitu : “American Psychological Foundation’s Gold Medali,” “The American Psychological Association’s Distinguished Scientific Contribution Award”, dan “The Presidencis of the American Psychological Assosiation and The Society for the Psychological of Sosial Issues”.

1.2  Definisi Kepribadian
Kepribadian adalah organisasi dinamis dalam individu sebagai sistem psikofisis yang menentukan caranya yang khas dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Tetapi pada tahun 1961 Allport mengubah kata terakhir dalam definisinya mengenai kepribadian yaitu lingkungan dirubah menjadi karakter tingkah laku dan pemikiran.
Definisi ini kiranya perlu dijelaskan maksudnya :
·         Pernyataan “organisasi dinamis” menekankan kenyataan bahwa kepribadian itu selalu berkembang dan berubah walaupun terdapat sistem organisasi yang menghubungkan berbagai komponen daripada kepribadian.
·         Istilah “psikofisis” menunjukkan bahwa kepribadian bukanlah semata-mata mental dan bukan pula semata-mata neural atau saraf. Organisasi kepribadian melingkupi kerja tubuh dan jiwa (terpisah-pisah) dalam kesatuan kepribadian.
·         Istilah “menentukan” menunjukkan bahwa kepribadian mengandung tendensi-tendensi determinasi yang meminkan peran aktif dalam tingkah laku individu. Kepribadian terletak di belakang perbuatan-perbuatan khusus dan di dalam individu itu sendiri.
·         Satu unsur lagi yang penting dalam definisi diatas ialah, kata unik yang menunjuk tekanan utama yang diberikan oleh Allport pada individualitas. Tidak ada dua orang yang benar-benar sama dalam caranya menyesuaikan diri terhadap lingkungan, jadi dengan demikian berarti tidak ada dua orang yang mempunyai kepribadian yang sama.
·         Dengan menyatakan “menyesuaikan diri terhadap lingkungan” Allport menunjukkan keyakinannya, bahwa kepribadian mengantarai individu dengan lingkungan fisis dan lingkungan psikologisnya, kadang-kadang menguasainya. Jadi, kepribadian adalah sesuatu yang mempunyai fungsi atau arti adaptasi dan menentukan.

1.3  Hakikat Kepribadian
Seperti yang kita ketahui, kepribadian adalah organisasi dinamis dalam individu sebagai sistem psikofisis yang menentukan caranya yang khas dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Di dalam defenisi ini terdapat makna bahwa manusia itu adalah makhluk yang unik pada setiap individunya.
1.3.1 Keturunan dan Lingkungan
            Untuk membantu menekankan keunikan (kekhasan) pada kepribadian seorang individu, Allport menyatakan bahwa kita harus merefleksikan kedua faktor ini yaitu, keturunan dan lingkungan. Keturunan menyediakan materi luar (seperti, bentuk badan, intelligensi dan temperamen) yang mungkin dibentuk, dikembangkan atau dibatasi oleh lingkungan
1.3.2 Two Distinct Personalities
            Allport telah mempertimbangkan kepribadian menjadi memiliki ciri-ciri tersendiri dan tidak berlanjut. Tidak hanya bagi dua individu yang jelas memiliki perbedaan dalam kepribadian mereka, tetapi juga diantara kedewasaan juga berpisah dengan masa lalunya.
            Kita sudah melihat bagaimana pandangan allport mengenai Hakikat Kepribadian individu. Dia menekankan pada kesadaran daripada ketidaksadaran, masa sekarang dan masa depan daripada masa lalu. Serta dia mengakui keunikan dalam kepribadian daripada mengusulkan kelompok kecil ataupun besar dalam masyarakat. Dan dia memilih normal daripada abnormal.

C. Struktur Kepribadian
Traits adalah kunci dalam mendefinisikan strukur kepribadian menurut Allport.. Allport berpendapat bahwa pengertian-pengertian kebiasaan, traits, sikap, diri (self) dan kepribadian itu masing-masing bermanfaat dan berbeda satu sama lain. Allport menekankan pada trait, dimana ia menyatakan bahwa intensi itu berbeda dari attitude. eori-teori Allport kemudian dinamakan “trait psychology”
Disisi lain, tanggapan Allport mengenai temperamen juga berbeda dan mendetail. Bagi Allport temperamen adalah konstitusi kejiwaan atau bagian dari jiwa yang melaljui darah dan memiliki hubungan dengan jasmaniah / biologis dan bersifat hereditas, termasuk juga mudah tidaknya kena rangsangan emosi, kekuatan serta kecepatan bereaksi, kualitas kekuatan suasana hatinya, segala cara daripada fluktuasi dan intensitat suasana hati; gejala ini tergantung kepada faktor konstitusional.
Pada akhirnya, kontribusi terbesar Allport adalah teorinya mengenai Trait. Ia mengklasifikasikan beberapa trait, dan merevisinya menurut perkembangan teorinya sendiri. Dia berhasil membedakan antara trait sebagai hal yang dimiliki setiap induvidu sebagai identitas dan attitude yang dimiliki setiap individu. Sumbangsih terbesar Allport adalah pengembangan dan penarikan perhatian psikolog pada kepribadian terutama dari perspektif bagaimana individu memandang dirinya sendiri.

v  Traits (Personality Traits)
          Traits menurut teori Allport adalah proses mental/neuropsikis yang berkapasitas dan mampu mengarahakan stimulus yang akan menghasilkan perilaku yang adaptif atau ekspresif.
v  Karateristik Traits
Menurut Allport ada beberapa karakteristik traits:
ü  Nyata dan benar-benar ada di setiap individu, bukan hanya sekadar label dan sebutan (claim)
ü  Menjadi kausal (sebab) dari suatu perilaku yang biasanya terjadi
ü  Empiris (bisa di identifikasi indra)
ü  Masing masing salaing berkorelasi
ü  Fleksibel dan berubah sesuai situasi(versatilitas)
v  Individual Traits dan Common Traits
Berdasarkan teorinya mengenai distifikasi antara Trait dan Attitude, Allport kemudian mengklasifikasikan traits dalam 2 bentuk :
ü  Individual Traits : keunikan pada seseorang dan menunjukkan karakter mereka
ü  Common Traits :  perilaku yang dilakukan oleh sejumlah manusia, misalnya sebagai bagian dari budaya.

v  Personal Dispositions
Allport merevisi beberapa teori sebelumnya (dalam terminologi) . personal dispositions artinya dimana perilaku tidak memiliki intensitas dan signifikansi yang sama.
ü  Cardinal traits adalah sifat yang berperan besar dalam kehidupan dan trait yang kuat
ü  Central traits adalah sifat yang lebih umum dan khas yang menonjol dari perilaku manusia itu sendiri.
ü  Secondary traits adalah sifat yang lebih spesifik dan tidak terlalu mendeskripsikan kepribadian. Sifat ini berfungsi lebih terbatas, khusus pada respons yang didasarnya serta perangsang tertentu dan tidak konsisten
ü  Habit (kebiasaan) adalah  respon yang tidak fleksibel dan spesifik terhadap suatu stimuli, bisa bergabung/dikombinasikan dengan trait lain.
ü  Attitudes (sikap) adalah makna yang hampir sama dengan traits, kecuali bahwa attitudes memiliki objek tertentu yang lebih spesifik, dan melibatkan pertimbangan dan evaluasi baik positif maupun negatif (baik mendukung atau menolak)

Perbedaan antara sifat (trait) dan sikap (Attitude) termasuk sulit dalam teori Allport. kedua-duanya itu adalah respons dan memiliki kekhasan, selain itu keduanya juga dapat memulai atau membimbing tingkah laku hal ini juga diperngaruhi hasil dari faktor genetis-genetis dan belajar. Namun kalau diteliti terdapat perbedaan antara kedua hal tersebut.

SIKAP (ATTITUDE)
SIFAT (TRAIT)
-          berhubungan dengan suatu objek
-          cenderung berlingkup kecil
-          dapat berbeda-beda dari yang khusus ke lebih umum
-          biasanya memberikan penilaian (menerima atau menolak)

-          tidak berhubungan dengan suatu objek
-          sifat yang hampir selalu besar dan ruang lingkup yang luas
-          selalu bersifat umum
-          tidak memeberikan penilaian

v Intensi
Penyelidikan mengenai intensi atau keinginan individu mengenai masa depan lebih penting daripada kejadian di masa lalu (Allport). Istilah intensi menurut Allport meliputi beberapa pengertian:
-          harapan-harapan
-          keinginan-keinginan
-          ambisi
-          cita-cita
-          niat untuk melakukan sesuatu.
Dalam hal inilah terlihat jelas perbedaan Allport dengan lain-lain ahli teori kepribadian dewasa ini. Teori Allport menunjukkan, bahwa apa yang akan dicoba dilakukan oleh seseorang merupakan kunci dan hal terpenting bagi apa yang dikerjakannya sekarang. Jadi kalau dewasa ini, banyak ahli yang mengutamakan masa lampau, maka pendapat Allport itu mirip sekali dengan pendapat Adler dan Jung; walaupun tidak ada alasan untuk mengatakan adanya pengaruh dari mereka ini.

2.      Kepribadian yang Distingtif (Kepribadian Masa Lalu dan Sekarang)
Allport menyatakan bahwa keprinadian tidak kontinuitif (tidak berkesinambungan). Tidak hanya masing-masing individu memiliki karakter namun bahakan tiap individu kepribadiannya terpisah dari masa lalunya. Masa kecil dan masa lalunya tidak berkesinambungan. Dalam konteks ini, masa kecil tidak memberikan pengaruh besar dalam kepribadian individu.
Allport lebih mendukung uniqueness daripada universality, lebih menenkankan teorinya pada kesadaran daripada ketidaksadaran, masa kini daripada masa lalu dan menjelaskannya menurut teori yang jelas. Allport juga menekankan pada normalitas daripada abnormalitas.
v  Proprium
Proprium adalah istilah yang diciptakan Allport yang mengindikasikan semua fungsi self atau  ego. Hal ini juga disebut fungsi proprium (propriate function) daripada kepribadian. Fungsi tersebut adalah kesadaran jasmani, self identity, self-esteem, self extention, rational thinking, self image, propriate stiving, dan fungsi mengenal. Semua itu bagian-bagian yang vital daripada kepribadian. Proprium tidak dibawa sejak lahir tetapi berkembang didalam   perkembangan individu. Allport menggunakan kata proprium daripada self karena lebih mudah dipahami sebagai sifat atau fungsi kepribadian secara umum.

Ada tujuh aspek dalam  perkembangan proporium :
-          Bodily-self
Tahap 1-3.Pada 3 tahun pertama, bayi menjadi lebih peduli terhadap keberadaan dirinya dan membedakan tubuhnya dari objek-objek yang ada disekitarnya.
-          Self Identity
Anak-anak membuktikan dan menemukan identitas mereka tetap terlepas dari perubahan di lingkungan mereka
-          Self-Esteem
 Anak-anak mulai bangga pada prestasi (pencapaian) yang mereka raih.
-          Extension of Self
Tahap ke 4-5. umur 4 sampai 6 tahun. Pada masa ini anak mengakui objek-objek yang ada di sekitarnya dan orang-orang disekitar lingkungan mereka.
-          Self-Image
Anak-anak mengembangkan gambaran aktual dan idealis dalam diri mereka dan perilaku mereka serta menjadi lebih peduli terhadap kepuasan (atau ketidakpuasan) terhadap harapan Orangtua.
-          Self As A Rational Coper
Tahap 6. Umur 6-12 tahun, anak-anak mulai mengapli-kasikan alasan dan pengetahuan untuk mencapai solusi terhadap masalah yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari
-          Propriate Striving
Tahap 7. pada masa remaja awal (sebelum teenage)  mulai membentuk tujuan jangka panjang dan rencana
-          Adulthood (masa dewasa)
 Individu dewasa yang memiliki fungsi yang rasional dan sadar dalam menciptakan gaya hidup mereka sendiri.

v  Proses Kepribadian
Personality and Motivation
·         Menurut Allport, apa yang terjadi pada masa lalu tidak ada hubungannya dengan masa yang sekarang, hal itu hanya berperan sebagai motivasi pada masa sekarang.
·         Allport mengakui adanya pengaruh dari proses kognitif : rencana dan tujuan (cita-cita) yang kita sadari menjadi kunci pemahaman pada usia sekarang.

Fungsi Otonomi terhadap Motif
Fungsi otonomi maksudnya adalah motivasi individu yang bersifat independen (tidak terikat dengan masa lalu). Ada 2 level fungsi otonomi, yaitu :
·         Perseverative functional autonomy (perilaku bukan karena alasan awal, tapi perilaku tersebut sudah mejadi kegiatan rutin/habit), contohnya : perokok.
·         Propriate functional autonomy (perilaku dihubungan pada nilai-nilai, self-image, dan gaya hidup).
3 prinsip propriate functional autonomy : organizing the energy level, astery and competence, propriate paterning.
·         Allport menuliskan bahwa tidak semua perilaku dan  motif dapat diperjelas oleh prinsip-prinsip functional autonomy, seperti : gerak refleks, fiksasi, dan perilaku berasal dari biologis.
v  Perkembangan
·         Perkembangan Kepribadian Childhood : The Unique Self
Allport membagi sifat dan  pengembangan proprium di atas tujuh tahap dari masa kanak-kanak sampai remaja.
·         Bayi
Bayi dikendalikan oleh eksternal (faktor luar) dan refleks dan hanya memiliki sedikit kepribadian, belum memiliki egosentris (karena egosentris perlu kesadaran diri). Pada waktu lahir ini anak telah mempunyai potensi-potensi baik fisik maupun temperamen, yang aktualisasinya tergantung kepada perkembangan kematangan. Allport berpendapat bahwa ada semacam aktivitas umum yang menjadi sumber dari tingkah yang bermotif. Proprium (self or ego) berkembang dari masa bayi hingga remaja dalam tujuh tahapan :
·         Bodily self (3 tahun pertama) menyadari diri sendiri dan membedakan tubuh mereka sendiri dari objek luar.
·         Self-identity
Pada tahap ini anak-anak menyadari bahwa identitas mereka tetap utuh meski banyak hal yang berubah. Anak-anak belajar bangga dengan prestasinya.
·         Self-esteem
Pada tahap ini anak belajar untuk menghargai prestasinya.
·         Extension of self
Tahap  4 dan 5 muncul ketika usia 4 hingga 6 tahun. Dalam tahap ini, anak-anak mulai sadar akan kewajibannya dan mulai kearah untuk memuaskan harapan orang tua.
·         Self-image
·         Self as a rational coper
Tahap ini dimulai dari usia 6 hingga 12 tahun, dimana anak-anak mulai menerapkan akal dan logika dalam problem solving sehari-hari.
·         Propriate striving
Perkembangan yang terjadi selama masa remaja, sudah mulai untuk membuat tujuan-tujuan rencana masa depan.

·         Masa Kanak-kanak
·         Pada masa ini anak sudah memiliki potensi diri, dan mulai mengidentifikasi diri, mulai melihat dirinya berbeda dengan orang lain.
·         Tahap yang penting bagi Allport, dan peran orang tua dalam menghargai anak dan keinginan anak sangat penting _(usia 4-6 tahun).
·         Secara sadar, anak-anak mulai mengembangkan aktualitas, ideal diri, dan perilaku mereka untuk memuasakan harapan orang tua.
·         Masa Dewasa
Kepribadian pada masa dewasa tumbuh dari masa kanak-kanak bukanlah lagi didominasi oleh masa kanak-kanak. Allport tidak menjelaskan bagaimana saraf pada masa kedewasaan dapat meniadakan pengalaman masa kanak-kanak.
Ketika proprium baik (memuaskan), sifat dewasa juga akan baik. Dalam pandangan Allport, kesehatan kepribadian berubah dari dominasi organ secara bologis saat masa bayi menjadi kematangan organ secara psikologi pada masa dewasa.
Pada tahap ini individu sudah membuat gaya hidup secara sadar. Rencana dan tujuan masa depan sudah terpikirkan.
Menurut Allport, hal yang diperlukan dalam merealisasikan pribadi yang dewasa adalah sebagai berikut:
·         Extension of self
Yaitu bahwa hidupnya tidak harus terikat secara sempit kepada kegiatan-kegiatan yang erat hubungannya dengan kebutuhan-kebutuhan serta kewajiban-kewajiban yang langsung. Dia harus dapat mengambil bagian dan menikmati bermacam-macam kegiatan. Suatu hal yang penting daripada extension of the self itu ialah proyeksi ke masa depan: merencanakan, mengharapkan (planning, hoping).
·         Self-objectification
Ada dua komponen pokok dalam hal ini, ialah insight dan humor, yaitu :
·         Insight
Apa yang dimaksud dengan insight disini ialah kecakapan individu untuk mengerti dirinya.
·         Humor
Yang dimaksud dengan humor disini adalah kecakapan untuk mempertahankan hubungan positif dengan dirinya sendiri dan objek-objek yang disenangi, serta menyadari adanya ketidakselarasan  dalam hal ini.
·         Filsafat Hidup
Walaupun individu itu harus bersifat objektif dan bahkan menikmati kejadian-kejadian dalam hidupnya, namun haruslah ada latar belakang yang mendasari segala sesuatu yang dikerjakannya, yang memberinya arti dan tujuan. Religi merupakan salah satu hal yang penting dalam hal ini.
·         Adanya hubungan yang hangat kepada orang lain, menunjukkan keintiman, kasih sayang dan toleransi.
·         Kedewasaan menunjukkan penerimaan diri (mencapai ketenangan emosional)
·         Memegang prinsip yang realistis, mengembangkan keterampilannya, dan membuat komitmen dalam setiap pekerjaannya.
·         Memiliki pemahaman atau wawasan ke dalam diri.

v  Assesment In Allport’s Theory
Allport menggunakan personal-document technique untuk mempelajari kepribadian.  Personal-document technique adalah metode pengujian kepribadian yaitu dengan mempelajari hasil tulisan dan pembicaraan mereka. Kasus  Allport paling terkenal adalah koleksi lebih dari 300 surat yang ditulis dalam kurun waktu 12 tahun oleh seorang wanita setengah baya diidentifikasi sebagai Jenny (Allport, 1965). Ia menggunakan dokumen pribadi dengan melibatkan buku harian, autobiografi, surat-surat, komposisi sastra, dan contoh lain berupa catatan tertulis atau lisan atau menentukan jumlah dan jenis kepribadian.
The Study of Values
Penggunaan study of values dilakukan untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam setiap individu yang akan mempengaruhi motivasi.   
 Terdapat enam tipe nilai :
·         Theoretical value        : memfokuskan pada penemuan kebenaran dan memiliki karakteristik empiris, intelektual, dan rasional.
·         Economic values        :  memfokuskan pada manfaat dan praktisnya
·         Aesthetic values          : berhubungan dengan pengalaman yang artistik dan untuk membentuk keselarasan serta kesenangan
·         Social Values              : merefleksikan hubungan dalam bermasyarakat, mementingkan kepentingan orang banyak dan kecintaan terhadap sesama manusia.
·         Political values           : kerjasama membentuk kekuatan, mempengaruhi dan wibawa dalam setiap usaha yang dilakukan, tidak hanya dalam aktivitas politik.
·         Religious values         : memfokuskan pada hal-hal yang tak kelihatan mata (gaib) serta dengan pengertian keseluruhan sebagai bentuk kesatuan.

v  Research In Allport’s Theory: Expressive Behavior
                Allport mengkritik psikolog-psikolog yang bersikeras bahwa metode eksperimental dan korelasional satu-satunya pendekatan untuk mempelajari kepribadian. Dia mengemukakan  tidak semua apek kepribadian dapat dicoba dengan cara ini. Allport menyarankan untuk para psikolog agar lebih terbuka dan mencari sumber-sumber lain dalam metodologi risetnya. Allport sangat bertentangan pada metode yang mengaplikasikan gangguan emosional seseorang (sperti studi kasus dan teknik proyektif). Karena  pada dasarnya studi kasus fokus terhadap masa lampau.
            Teknik proyektif seperti Thematic Apperception Test dan Rorschach inkblot test, menyatakan gambaran gangguan terhadap kepribadian yang normal karena mereka menyepakati adanya ketidaksadaran yang memiliki pengaruh pada kepribadian normal pada masa dewasa. Allport menyarankan bahwa informasi yang bersifat reliable dapat diperoleh melalui menanyakan seseorang mengenai gambaran tentang diri mereka, metode yang dapat mengungkapkan traits dominan mereka.
            Allport menggunakan pendekatan idiografik-studi kasus individu-yang ditunjukkan melalui penggunaan dokumen personal. Walaupun demikian, Allport tetap menggunakan metode nomotetis, apabila teori itu dianggap sesuai dengan riset yang dia lakukan. Tes Psikologi seperti study of values merupakan bagian dari metode nomotetis.
            Allport melakukan riset yang disebut dengan Expressive Behavior, yang menggambarkan  bahwa tingkah laku adalah wujud dari trait kepribadian kita. Dia juga mengidentifikasikan Coping Behavior yang berorientasi menuju tujuan yang spesifik dan secara sadar merencanakan dan melaksanakan. Coping behavior ditentukan oleh kebutuhan inspirasi melalui situasi  yang biasanya diarahkan menuju perubahan dalam lingkungan kita.
            Expressive Behavior bersifat spontan dan refleks dalam aspek dasar kepribadian. Berbeda dengan Coping Behavior, Expressive behavior sangat sulit untuk dirubah, tidak memiliki tujuan yang spesifik dan biasanya ditampilkan dalam ketidaksadaran. Allport memberikan sebuah contoh berupa berbicara di depan umum. Pembicara berkomunikasi dengan penonton dalam dua tingkatan. Tingkat yang direncanakan (Coping Behavior) termasuk didalamnya berupa isi perkuliahan, dan tingkat yang tidak direncanakan (Expressing Behavior) berupa pergerakan pembicara, gerak tubuh dan suara. Pembicara mungkin saja gugup atau berbicara dengan suara yang tidak jelas/terlalu cepat. Perilaku yang spontanitas ini menggambarkan elemen-elemen dari kepribadiannya.
            Dalam catatan studi Expressive Behavior nya, Allport memberikan subjek bermacam-macam tugas untuk menampilkan dan kemudian menilai konsistensi pergerakan ekspresif mereka dalam situasi yang berbeda (Allport dan Vernon, 1933). Dia menemukan bahwa Tingkat konsistensi ada pada suara, tulisan tangan dan gerak tubuh. Dari tingkah laku tersebut, dia menyimpulkan adanya introversion dan extraversion traits.
            Riset mengenai expressive behavior menjadi lebih populer sekarang ini bila dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Terdapat banyak teori dan eksperimen yang menggambarkan ekspresi wajah dan suara (see Russell, Bachorowski, dan fernandez-Dols, 2003). Riset ini menunjukkan bahwa kepribadian dari audiotapes, film dan videotapes. Ekspresi wajah, perubahan suara, gerak tubuh yang aneh, kelakuan mengungkapkan ciri-ciri kepribadian. Expressive Behavior dapat juga dinilai dari foto-foto (Allport & Cantril, 1934; Berry 1990, 1991; DePaulo, 1993; Riggio & Friedman, 1986; Riggio, Lippa, & Salinas, 1990).
            Dalam sebuah analisis dari foto buku tahunan dari lulusan wanita ditemukan beberapa yang memamerkan ekspresi emosional yang positif berkisar pada umur 21 tahun bernilai lebih tinggi padaperasaan self-report nya dan baik secara subjektif ketika pengujian diberlakukan pada umur 27, 43 dan 52. Mereka melaporkan keadaan yang lebih baik dalam pernikahan, hubungan, kompetensi, cita-cita dan memunculkan emosi positif yang berkurang di buku tahunan pada umur mereka 21 tahun (Harker & Keltner, 2001)
            Riset mengakumulasikan bukti fisik yang mengesankan menunjukkan bahwa beberapa orang dapat membentuk perasaan yang benar-benar mengesankan dari kepribadian orang asing hanya berdasarkan pada penampilan dan ekspresi wajah (Berry & Wero, 1993). Contohnya adalah studi kasus mengenai pengamat membentuk kesan terhadap orang asing dengan melihat foto-foto mereka. Hal inilah yang mendukung teori Allport bahwa Expressive Behavior dapat merefleksikan traits kepribadian.
            Paul Ekman mengidentifikasikan tjuh emosi yang secara konsisten berbeda dari orang lain. Emosi itu adalah marah, penghinaan, kejijikan, takut, sedih, terkejut dan bahagia (Ekman, Matsumoto & Friesen, 1997). Ekman mengembangkan sebuah sistem pengkodean berdasarkan analisisnya terhadap 43 jaringan wajah. Sistem ini menyediakan 3000 konfigurasi yang berbeda dan berguna dalam membaca ekspresi emosional dalam wajah seseorang. The Facial Action Coding System digunakan oleh CIA dan FBI untuk mendeteksi kebohongan seorang kriminal ataupun teroris.
            Riset yang lain menunjukkan beberapa aspek dasar kepribadian diungkapkan melaui ekspresi wajah. Contohnya adalah, sel saraf menunjukkan bahwa seseorang kelihatan dalam keadaan marah dan takut. Persetujuan menunjukkan ekspresi tertawa atau eksperesi interaksi sosial yang ramah. Keterbukaan diwujudkan dalam bentuk senyuman, tawaan, dan ekspresi kenyamanan dan menyenangkan. Kesadaran ditandai dengan perasaan malu termasuk mengendalikan senyum dengan ketat, pengalihan pandangan, serta pergerakan kepala ke atas dan ke bawah.
            Tipe tingkah laku A, pola yang menyarankan untuk mengaitkan dengan potensi penyakit hati, yang berbeda dengan tipe tingkah laku B melaui ekspresi jijk, melotot, meringis dan cemberut (Chesney, Ekman, Friensen, black & Hecker, 1997). Studi tentang kesabaran dalam menghadapi depresi di Switzerland ditemukan bahwa ekspresi wajah  yang berbeda terhadap seseorang yang berusaha bunuh diri dengan satu lagi yang tidak (Heller & Haynal, 1997). Dengan jelas, kita mengeluarkan apa yang ada didalam diri kita melalui ekspresi pada wajah kita.
            Dan akhirnya terdapat pertanyaan bahwa apakah terdapat persamaan ekspresi dalam mengungkapkan kepribadian  dari satu kebudayaan  dengan kebudayaan yang lain? Jawabannya adalah tidak terdapat konsistensi didalamnya. Studi dalam membandingkan ekspresi wajah antara bayi keturunan China, amerika dan Jepang menemukan kesimpulan yang berbeda. Bayi keturunan China menunjukkan tingkh laku ekspresi wajah yang minim bila dibandingkan dengan bayi keturunan Amerika dan Jepang. Bayi amerika memiliki perbedaan yang signifikan dalam ekspresi wajah terhadap bayi China, walaupun tidak begitu dengan bayi Jepang (Camras, 1998).

v  Refleksi dari Teori Allport
Idiografik allport meneliti pendekatan yang berlawanan dengan pemikiran yang banyak dilakukan oleh psikolog temporary, yang menerima riset nomotetik didalamnya. Fokus Allport terhadap kesehatan emosional pada masa dewasa yang lazimnya berada di bawah cabang ilmu psikologi klinis, yang berhubungan dengan sistem saraf.
Sangat sulit untuk menerjemahkan konsep allport menjadi bentuk yang lebih spesifik dan cocok untuk studi dengan menggunakan metode eksperimental. Contohnya, bagaimana kita mengamati autonomi fungsional ataupun propriate striving di dalam laboraturium. Bagaimana kita bisa memanipulasi mereka untuk mencoba pengaruh/akibat mereka terhadap variabel yang lain?
            Terdapat kritik didalam Konsep Autonomi Fungsional Allport. Dia tidak dapat menjelaskan bagaimana bentuk asli motif dapat berubah/bertransformasi menjadi bentuk autonomous. Contohnya adalah ketika seseorang aman secara finansial, melalui apa motif awal ingin bekerja keras untuk mendapatkan materi dan berubah bentuk menjadi motif bekerja keras untuk tugas itu sendiri? Jika mekanisme dari perubahan tersebut tidak dapat dijelaskan, bagaimana kita dapat memprediksi motif pada masa kanak-kanakkemudian menjadi autonomous pada masa dewasa?
            Penekanan Allport terhadap keunikan kepribadian dipertarungkan, karena posisinya yang memfokuskan kepada seorang individu secara eksklusif yang sangat tidak memungkinkan untuk meluaskan dari satu orang terhadap orang lain. Banyak psikolog yang menemukan kesulitan untuk menerima usulan Allport mengenai ketidaksinambungan antara kanak-kanak dan dewasa, hewan dan manusia, serta normal dan abnormal. Mereka menunjuk bahwa riset terhadap tingkah laku anak-anak, binatang dan gangguan emosional yang menghasilkan sesuatu pengetahuan yang besar mengenai fungsi normal dan kesahehatan emosional pada masa dewasa.
Meskipun terdapat banyak kritik, teori allport dapat diterima dengan baik dalam komunitas akademik. Pendekatannya terhadap perkembangan kepribadian, dia menekankan kepada keunikan (kekhasan), dan fokus terhadap tujuan yang dianggap penting telah merefleksikan dalam pekerjaan oleh Psikolog Humanistik, Carl Rogers dan Abraham Maslow. Ketertarikan terhadap pekerjaan Allport telah menghidupkan kembali bagian dari fokus dalam traits kepribadian yang menekankan pada beberapa ide yang dimiliki bantuan secara sama dalam ide-ide yang dimiliki.
Penekanan Allport terhadap kesadaran, adalah sebagai penentu tingkah laku yang menyediakan alternatif lain sebagai posisi psikoanalitik bahwa melihat seseorang dengan cara yang tidak rasionaldan ketidaksadaran yang tidak dapat dikendalikan. Pandangan Allport mengenai masyarakat lebih kepada harapan di masa depan daripada masa yang lalu dan berhubungan dengan harapan dan filosofi manusia.Kontribusi Allport dalam bidang psikologi membuat studi tentang kepribadian agar dapat dihormati oleh orang-orang dalam bidang akademis dan menekankan pada peran genetik.
DAFTAR PUSTAKA
Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. UMMpress:Malang
Schultz, Duane dan Schultz, Sydney Allen. 2005. The Theories of Personality. Thomson Learning:USA
Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Kepribadian. PT Raja Grafindo:Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar