Sabtu, 29 Juni 2013

ALFRED ADLER


PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Teori-teori psikoanalitik merupakan teori kepribadian yang dilandaskan atas dasar biologis manusia. Selain atas dasar biologis, teori kepribadian juga dilandaskan oleh pengaruh sosial. Menurut ilmu-ilmu sosial, individu merupakan produk dari masyarakat dimana ia hidup. Kepribadian orang lebih dibentuk oleh lingkungan sosial dan budaya (Hall & Lindzey 1993:238). Salah satu tokoh yang memandang kepribadian merupakan bentukan sosial adalah Alfred Adler, sehingga Alfred Adler dianggap sebagai bapak psikologi sosial baru (Hall & Lindzey 1993:238).
Boeree (2005:147) menuliskan sejarah singkatnya, bahwa Alfred Adler  lahir di Wina pada tanggal tujuh Februari, tahun  1870 sebagai anak ketiga dari seorang pengusaha Yahudi. Alfred menerima ijazah dokter dari Universitas of Vienna pada tahun 1895. Selama kuliah, dia sering bergabung dengan mahasiswa sosialis. Memulai karir sebagai seorang opthamologis, tapi kemudian beralih praktik umum dan membuka praktik di daerah kelas bawah di Wina dekat Prader, sebah tempat percampuran antara taman bermain dan sirkus. Saat berpraktek dokter umum, klien-kliennya termasuk anggota kelompok sirkus. Kekuatan dan kelemahan para pemain sirkus inilah salah satu yang membuatnya mencetus konsep kepribadian inferoritas dan kompensasi, dan kemudian menjadikannya seorang  psikiater.
Adler sendiri merupakan salah satu tokoh psikoanalisis, yang mengembangkan metodenya sendiri. Ketika Freud mengemukakan manusia sebagai seorang individu, atau Jung kemudian menambahkan bahwa manusia merupakan makhluk bertuhan, Adler melengkapi pembahasan manusia sebagai makhluk sosial. Dengan penjelasan itu maka pada makalah ini akan dibahas konsep kepribadian menurut Alfred Adler.
URAIAN MATERI
            Adler berpendapat bahwa manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial. Motivasi pertama yang mendorong manusia adalah sosial. Manusia selalu menghubungkan dirinya dengan orang lain, ikut dalam kerjasama sosial, menempatkan kesejahteraan sosial di atas kepentingan diri sendiri. Sumbangan teori keribadian Adler yaitu: Dorongan sosial adalah sesuatu yang di bawa sejak lahir; konsep mengenai diri kreatif; dan keunikan tentang kepribadian. Adler berpendapat bahwa setiap orang merupakan konfigurasi unik dari motif-motif, sifat-sifat, minat-minat dan nilai-nilai. Berikut merupakan hasil dari pemikiran Adler tentang kepribadian.
A.    Finalisme Fiktif
Adler terpengaruh filsafat hans Vaihinger yang mengembangkan gagasan akan gamabaran fiktif. Gambaran-gambaran fiktif ini misalnya: “semua manusia diciptakan sama”;  “kejujuran adalah politik yang paling baik”; “tujuan membenarkan sarana”, dan lain-lain.
Adler menemukan ide bahwa manusia lebih dimotivasi oleh harapan-harapannya tentang masa depan daripada masa lampau. Misalnya apabila orang percaya bahwa ada surga bagi orang baik dan neraka bagi orang jahat, maka perilaku akan terdorong oleh kepercayaan-kepercayaan tersebut.  Tujuan akhir itu berupa suatu fiksi yang tidak mungkin secara realistis dilakukan.
B.     Perjuangan ke arah Superioritas
Adler memberi kesimpulan bahwa agresif itu lebih penting dari pada seksualitas. Kemudian impuls agresif itu diganti dengan “hasrat dan kekuasaan”. Karena itu tujuan akhir manusia menurut Adler yaitu : Menjadi Agresif, menjadi berkuasa, dan menjadi superior. Superioritas adalah perjuangan ke arah kesempurnaan. Ia merupakan dorongan kuat ke atas. Perjuangan ini sifatnya bawaan, dan merupaka bagian dari hidup. Dari lahir sampai mati perjuangan ke arah superioritas itu membawa sang pribadi dari satu tahap perkembangan ke perkemabangan lainnya.
C.    Inferoritas dan Kompensasi
Adler mengemukakan bahwa yang menentukan letak gangguan tertentu adalah inferoritas dasar pada bagian itu, suatu inferoritas yang timbul karena hereditas maupun karena kelainan sesuatu dalam perkembangan. Selanjutnya ia mengamati orang cacat sering kali mengkompensasikan kelemahan itu dengan jalan memperkuat latihan secara intensif, misalnya Theodore Roosevelt yang lemah pada masa mudanya, tetapi berkat latihan yang sistematik akhirnya menjadi orang yang berfisik tegap.
Perasaan inferoritas merupakan perasaan yang muncul akibat kekurangan psikologis atau sosial yang dirasakan secara subjektif maupun yang muncul dari kelemahan atau cacat tubuh. Adler menyatakan inferoritas dengan “feminitas” dan kompensasinya disebut “protes maskulin”.
Adler menyatakan bahwa inferiritas bukan suatu tanda abnormalitas; melainkan penyebab segala bentuk penyempurnaan dalam kehidupan manusia. Dengan kata lain, manusia di dorong oleh kebutuhan untuk mengatasi inferoritasnya dan ditarik hasrat menjadi superior. Bagi Adler tujuan hidup adalah kesempurnaan bukan kenikmatan.
D.    Minat Sosial
Minat Sosial berupa individu membantu masyarakat mencapai tujuan terciptanya masyarakat yang sempurna. Minat sosial merupakan kompensasi sejati dan tidak dapat dielakan bagi semua kelemahan manusia. Adler yakin bahwa minat sosial bersifat bawaan, karena itu ia menyediakan banyak waktu untuk mendirikan klinik bimbingan anak-anak, dan mendidik masyarakat tentang cara yang tepat dalam mengasuh anak.
Manusia didorong oleh nafsu akan kekuasaan dan didominasi yang tak terpuaskan oleh nafsu kekuasaan untuk mengkompensasikan suatu perasaaan inferoritas yang dalam dan tersembunyi. Di mata Adler tua, manusia dimotivasi oleh minat sosial bawaan yang menyebabkan ia menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.
E.     Gaya Hidup
Gaya hidup adalah suatu prinsip sistem, dengan mana kepribadian individu berfungsi; keseluruhanlah yang memerintah bagian-bagiannya. Gaya hidup merupakan prinsip idiografik Adler yang utama yang menjelaskan keunikan individu. Gaya hidup terbentuk sangat dini pada masa kanak-kanak, pada usia empat atau lima tahun.
Gaya hidup sebagian besar ditentukan oleh inferoritas-inferoritas khusus, baik itu khayalan atau sesuatu yang nyata. Misalnya gaya hidup Napolen yang bersifat “serba menaklukan”. Itu bersumber pada tubuhnya yang sangat kecil. Kemudian nafsu “serakah” Hitler untuk menaklukan dunia, bersumber pada impotensi seksualnya.
F.     Diri Kreatif
Konsep ini merupakan puncak prestasi Adler sebagai teorikus kepribadian. Ketika ia menemukan daya kreatif pada diri, maka konsep yang lain ia tempatkan di bawah konsep ini. Diri kreatif bersifat padu, konsisten, berdaulat dalam struktur kepribadian.
Kepribadian merupakan jembatan stimlus-stimulus yang menerpa seseorang dan respon-respon yang diberikan  orang yang bersangkutan terhadap stimulus itu. Pada hakikatnya doktrin tentang kreatif itu menyatakan bahwa manusia membentuk kepribadiannya sendiri. Manusia membangun kepribadiannya dari bahan mentah hereditas dan pengalaman.
G.    Penelitian Khas Dan Metode Penelitian
Observasi-observasi empiris Adler sebagian besar dilakukan di lingkungnan terapeutik, dan paling banyak berupa rekonstruksi tetang masa lampau sebagaimana diingat oleh pasien-pasien, dan penilaian-penilaian atas tingkah laku sekarang berdasarkan laporan verbal. Beberapa penelitian nya:
1.   Urutan kelahiran dan Kepribadian
Adler mengamati bahwa terdapat perbedaan kepribadian antara anak sulung, anak tengah dan anak bungsu. Anak sulung mendapat banyak perhatian sampai anak ke dua lahir. Ia harus membagi kasih sayang saat anak ke dua lahir. Pengalaman ini bisa membuat anak sulung bertingkah laku bermacam-macam, seperti: membenci orang lain, melindungi diri, dan merasa tidak aman. Anak sulung cenderung menaruh perhatian pada masa lampau ketika mereka menjadi pusat perhatian. Orang neurotik, penjahat, pemabuk dan yang bermoral bejat diamati Adler sebagai anak sulung.
Anak tengah cenderung ambisius. Ia selalu berusaha melebihi kakaknya. Ia cenderung memberontak atau iri hati,  tetapi pada umumnya ia dapat menyesuaikan diri dengan lebih baik dibandingkan kakak atau adiknya.
Anak bungsu adalah anak yang dimanjakan. Sama seperti anak sulung, kemungkinan besar menjadi anak yang mengandung masalah dan menjadi orang dewasa neurotik yang tidak mampu menyesuaikan diri.
2.   Ingatan-ingatan Awal
Adler berpendapat bahwa ingatan paling awal yang dapat dilaporkan seseorang merupakan kunci penting untuk memhami gaya hidup dasarnya. Misalnya seorang gadis yang mengatakan bahwa “ketika saya berusaia tiga tahun, ayah saya….”, hal ini menujukan bahwa ia lebih tertarik dengan ayahnya daripada ibunya. Contoh lain seorang pemuda yang dirawat karena menderita kecemasan berat, mengenang kembali suatu peristiwa dimasa lampau dengan bercerita “ketika saya berusia kira-kira empat tahun, saya duduk di jendela dan memperhatikan sejumlah pekerja membangun sebuah rumah di sebrang jalan, sementara ibuku merajut kaos kaki”. Ingatan ini menunjukan pemuda itu ketika kanak-kanak dimanjakan karena ingatannya berkisar sekitar ibunya yang bersikap melindungi.
Adler menggunakan metode ini terhadap kelompok-kelompok maupun perorangan dan menemukan ternyata metode ini cukup mudah dan ekonomis untuk meneliti keribadian. Ingatan awal kini digunakan sebagai teknik projektif.
3.   Pengalaman masa kanak-kanak
Adler menyebutkan tiga faktor yang mempengaruhi gaya hidup yang salah yaitu: Anak-anak yang memilki inferoritas-inferoritas; anak-anak yang dimanjakan; anak-anak terlantar.
Anak yang memilki inferoritas sering kali dianggap gagal. Akan tetapi, jika mereka memiliki orang tua yang memahami dan mendorong mereka bisa melakukan kompensasi terhadap inferoritasnya, maka mereka akan mampu mengubah kelemahannya menjadi kekuatan.
Anak-anak yang dimanjakan tidak mengembangkan perasaan sosial; mereka menjadi orang yang selalu mengharapkan masyarakat bisa menyesuaikan diri dengan dirinya. Adler menganggap bahwa mereka sebagai kelompok masyarakat yang berbahagia.
Kemudian, anak yang diabaikan akan membawa akibat yang tidak menguntungkan. Anak yang diperlakukan buruk pada masa kanak-kanak akan menjadi musuh apabila mereka sudah dewasa. Gaya hidup mereka dikuasai oleh kebutuhan untuk balas dendam.
IMPLIKASI DAN KESIMPULAN
A.    Implikasi
Memandang manusia sebagai seorang yang unik yang tidak bisa dipisahkan dengan lingkungan sosial tempat ia dibesarkan menjadi sesuatu hal yang perlu kita sadari. Pendidikan sebagai sebuah usaha sadar dan terencana untuk membentuk kepribadian manusia, seharusnya mampu untuk mengkonstruksikan  kondisi sosial ideal bagi para peserta didik.
Dalam aplikasinya, teori-teori Adler bisa digunakan suatu rumusan pola pendidikan, tentang pentingnya suatu tujuan ideal yang bisa mendrong anak lebih maju; pentingnya membangun karakter anak yang bertanggung jawab sejak kecil, dan pentingnya mengajarkan bersosialisasi bagi anak.
Karena itu peran orang tua atau guru itu sebagai pendorong anak untuk menunjukan pilihan perilaku yang baik agar terdorong menjadi peribadi yang kreatif, yang bisa membangun dunianya dengan mandiri. Kemudian  anak harus pandai menempatkan diri, dan mau bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Kurikulum di buat dengan suatu rumusan akan tujuan ideal manusia beserta tahapan-tahapan pelaksanaannya.
Adler sebagai teorikus kepribadian yang sangat fokus terhadap lingkungan sosial tidak lantas memiliki teori sempurna. Boeree (2005:174) menuliskan bahwa  pada waktu itu banyak yang mengkritik teorinya sebagai sesuatu yang sifatnya tidak ilmiah seperti para teorikus behavioral, ataupun ekperimental. Kemudian sebagian besar teorinya bersifat anekdotal, artinya hanya benar dalam beberapa kasus, tidak bisa digeneralisir. Misalnya dalam tipe kepribadian anak sulung, tengah, dan bungsu, atau penyelidikan nya bahwa para penjahat itu selalu dari anak sulung.
B.     Kesimpulan
Manusia dimotivasi oleh dorongan sosial. Pria dan wanita adalah makhluk sosial dan masing-masing orang dalam berelasi dengan orang lain mengembangkan gaya hidup yang unik. Adler sangat menekankan determinan sosial kepribadian daripada seksual. Pusat kepribadian adalah kesadaran. Manusia adalah tuan, bukan korban nasib.
Manusia sangat terdorong oleh kebutuhan inferoritas yang inheren serta untuk mencapai superioritas. Tujuan hidup adalah kesempurnaan, bukan kesenangan.
Usaha yang dilakukan untuk mencapai superiritas adalah dengan mencari kekuasaan. Dengan itu seseorang ingin mengubah kelemahan dengan kekuatan sebagai kompensasi kekurangannya. Selain itu orang mengembangkan gaya hidup yang berbeda. ada yang mengembangkan inteleknya, mengembangkan ototnya, dan seterusnya. Gaya hidup ini dibentuk pada masa kanak-kanak. 
DAFTAR PUSTAKA
Boeree, C.G. 2005.  Personality theories (cetakan ke II). Yogyakarta: Primashopie
Hall, C., Lindzey G (Alih bahasa Dr. A Supratiknya). 1993. Teori-Teori Psikodinamik (Klinis).Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Hall, C.,Lindzey, G. 1985. Personality Theories. NewYork: Jhon Wiley Sons

Tidak ada komentar:

Posting Komentar