Jumat, 07 Juni 2013

Laporan Observasi



Tugas Observasi E-learning
Oleh :
1.         Roswanda Fitri Utami Pelawi (121301009)
2.         Hetty Juliani (121301015)
3.         Puspita Sari (121301013)
4.         Dewi Suci Armadhani (121301053)
5.         Kristy Merlin (12130115)

A.     Identitas Sekolah
·         Nama Sekolah             : SMA NEGERI 1 BRASTAGI
·         Alamat Sekolah            : Jl. Jamin Ginting No.12 Berastagi
                                      Telp (0628) 91075
·         Uang Sekolah              : Rp 150.000/ bulan
·         Konsep e-learning        :
o   Individu (online dengan memanfaatkan jaringan wi-fi dan offline dengan belajar menggunakan power point)
o   Kelompok (tidak sinkron dengan menggunakan grup facebook dari kelas masing-masing)
·         Awal diterapkan          : Sejak 2007 sampai sekarang

B.     Uraian Aktivitas Observasi
·         Hari Pelaksanaan         : Kamis, 23 mei 2013
·         Waktu Pelaksanaan      : Pukul 10.00 WIB
·         Pembagian Tugas         :
Kelompok kami yang berjumlah 5 orang dibagi menjadi 2 kelompok, dimana Kristy Merlin dan Dewi Suci Armadhani di kelas XI IPA-3 dengan mata pelajaran Bahasa Inggris oleh Pak  Julianus Ariston Sinurat,S.Pd, sedangkan Roswanda Fitri Utami Pelawi, Hetty Juliani dan Puspita Sari di kelas XI IPA-2 dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia oleh Ibu Mary Susyanna Br Bangun.
·         
 

       Narasumber :
Nama    : Vita
Usia      : 17 tahun
Agama  : Katolik
Kelas    : XI IPA 3
Prestasi : Menjadi Juara Kelas
           


C. Laporan Hasil Observasi
I.           Pendahuluan
Pendidikan merupakan faktor penting bagi kelangsungan kehidupan bangsa dan faktor pendukung yang memegang peranan penting di seluruh sektor kehidupan, sebab kualitas kehidupan suatu bangsa sangat erat hubungannya dengan tingkat pendidikan. Peran sekolah dinilai sangat penting bagi maju dan berkembangnya masyarakat dan terjaminnya kebutuhan kehidupan mereka kelak di kemudian hari.
Namun, landasan untuk membentuk pendidikan sekolah yang unggul harus terus diperbaiki agar pendidikan didunia sekolah lebih baik lagi. Mulai dari teori belajar yang digunakan, manajemen kelas, orientasi belajar, hingga motivasi belajar siswa juga harus diperhatikan. Dengan begitu kualitas pendidikan yang terbaik dapat kita berikan untuk semua anak bangsa.
Pendidikan saat ini telah berkembang sangat pesat, apalagi hal ini didukung dengan adanya teknologi. Salah satu bentuknya adalah metode pembelajaran dengan konsep e-learning.
II.        Landasan Teori
1. Teori belajar
Pandangan teori belajar menurut aliran behavioristik ( tingkah laku) adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon, menekankan pada “hasil” dari proses belajar. Menurut aliran kognitif adalah proses belajar sebenarnya terdiri dari tiga tahapan , yakni asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi (penyeimbangan) menurut piaget, menekankan pad “proses” belajar. Menurut aliran humanistik adalah apa yang mungkin dikuasai ( dipelajari) oleh siswa, tercakup dalam tiga kawasan, yaitu kognitif, psikomotor, afektif menurut Blomm dan Krathowl, menekankan pada “isi” atau apa yg dipelajari.
2. Orientasi Belajar
Pendekatan pembelajaran dibagi menjadi :
·         Teacher Centered Learning
     Guru merancang pelajaran-pelajaran yang dimaksudkan untuk memenuhi standar dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya menggunakan prosedur-prosedur yang mendukung perolehan pengetahuan dan keterampilan yang ditetapkan.
·         Student Centered Learning
Proses pembelajaran secara konvensional menempatkan guru atau dosen sebagai sumber belajar yang mengajarkan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa atau mahasiswa.
3. Manajemen Kelas
Manajemen kelas merupakan kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar efektif di dalam kelas. Prinsip manajemen kelas di aplikasikan secara berbeda untuk setiap tingkatan pendidikannya dan di sesuaikan juga denga kebutuhan yang ada dengan mempertimbangkan iklim dan budaya sekolah.
Beberapa gaya penataan kelas:
·         Gaya auditorium: gaya susunan kelas di mana semua murid duduk menghadap guru.
·         Gaya tatap muka: gaya susunan kelas di mana murid saling menghadap.
·         Gaya off-set: gaya susunan kelas di mana sejumlah murid (tiga atau empat orang) duduk di bangku namun tidak berhadapan langsung satu sama lain.
·         Gaya seminar: gaya susunan kelas di mana sejumlah murid (sepuluh atau lebih) duduk di susunan berbentuk lingkaran, atau persegi, atau bentuk U.
·         Gaya kluster: gaya susunan kelas di mana sejumlah murid (biasanya empat sampai delapan orang) bekerja dalam kelompok kecil.

4. Perspektif Motivasi
Santrock (2008) menjelaskan motivasi berdasarkan 4 perspektif yaitu:
Aspek
Behavioral
Humanistik
Kognitif
Social learning
Sumber motivasi
Luar diri (ekstrinsik reinforcement)
Dalam diri (intrinsic reinforcement)
Dalam diri (intrinsic reinforcement)
Dalam dan luar diri (intrinsic dan ekstrinsic reinforcement)
Konsep penting
Penguat (reinfocment),ganjaran,
insentif,hukuman (panisment)
Kebtuhan akan harga diri (self esteem) pemenuhan diri, dan pengarahan diri (self determination)
Kepercayaan,atribusi tehadap kebehasilan dan kegagalan,
Harapan(expectation)
Nilai dari sasaran (value of goals),
harapan dari pencapaian sasaran (expectation of reacing goals)

III.      Objek Penelitian
Siswa/i SMAN 1 Berastagi, khususnya siswa kelas XI IPA-2 dan XI IPA-3
IV.     Jadwal Pelaksanaan
            Kamis, 23 mei 2013 pada pukul 10.00 WIB
V.        Laporan penelitian
Dari proses belajar mengajar serta interview yang kami lakukan disana dapat diketahui bahwa sekolah SMAN 1 BRASTAGI sudah menerapkan e-learning baik secara individu maupun kelompok. Baik siswa maupun guru sudah aktif menggunakan internet untuk mengoptimakan proses belajar mengajar. Sekolah juga sudah mengakses materi pembelajaran melalui web sekolah sehingga para siswa dapat langsung mendownload materi pembelajaran yang berlangsung.
Web SMAN 1 BERASTAGI ada 3 , yaitu

Teori belajar yang diterapkan di SMAN 1 BRASTAGI ialah teori belajar kognitif. Dimana murid belajar berdasarkan minat dan pemikiran mereka sendiri. Kurikulum yang digunakan adalah KTSP, disini murid harus berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Motivasi yang diperoleh pun berdasarkan perspektif kognitif. Dimana perspektif kognitif berfokus pada ide-ide seperti motivasi internal murid untuk mencapai sesuatu, persepsi tentang sebab-akibat, kesuksesan dan kegagalan, terutama persepsi yang merupakan faktor penting dalam prestasi, dan keyakinan mereka bahwa mereka dapat mengontrol lingkungan secara efektif.
Hal ini kami dapat berdasarkan wawancara yang kami lakukan dengan salah satu siswi dari kelas XI IPA 3 bernama Vita, ia mengungkapkan bahwa dirinya yang menjadi juara kelas sejak awal masuk mendapatkan motivasi dari dirinya sendiri. Hal itu disebabkan karena ia sebagai anak sulung dari 5 bersaudara merasa memiliki tanggungjawab besar untuk masa depan ke 4 adiknya yang juga masih bersekolah, ditambah lagi dengan keadaan ekonomi keluarganya yang kurang mencukupi. Hal itulah yang menjadi sumber motivasi terbesar nya untuk terus belajar agar dapat mempertahankan prestasinya di sekolah. Berdasarkan pernyataan para siswa, orientasi belajar yang digunakan akan berbeda pada mata pelajaran yang berbeda.
Orientasi belajar SCL(Student Centered Learning) ternyata  lebih sering digunakan daripada orientasi belajar TCL(Teacher Centered Learning), dimana proses belajar mengajar lebih tertuju pada murid. Disini siswa akan lebih banyak berperan didalam proses belajar mengajar baik sebagai pendengar maupun sebagai penyaji materi.
Menurut Andika, salah seorang siswa dari kelas XI IPA 2, orientasi belajar SCL yang dilakukan sudah efektif, dimana orientasi belajar ini dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Seperti saat mereka ditugaskan untuk menjelaskan materi, mereka akan berusaha untuk mencari bahan dari materi yang ingin mereka presentasikan dari berbagai sumber, sementara siswa lain harus aktif untuk bertanya agar lebih dapat paham. Sementara guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan siswa hingga tujuan pembelajaran tercapai.

Pengelolaan  kelas yang diterapkan bersifat otoritatif, yakni guru menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas, disiplin sangat diutamakan. Gaya penataan struktur yaitu gaya auditorium yaitu semua murid duduk menghadap guru. Seluruh siswa merasa bahwa pengelolaan kelas yang mereka terapkan sudah sesuai dengan yang mereka inginkan, mereka juga merasa nyaman dengan bentuk pengelolaan kelas mereka.

VI.     Evaluasi
Tugas observasi ini sangat menyenangkan, karena kami mendapat pengalaman baru untuk terjun langsung ke lapangan. Namun, karena kurang nya pengalaman kami saat melakukan observasi ini membuat kami kurang memiliki persiapan yang cukup. Persiapan yang kurang ini disebabkan karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan.

            C.     Rangkuman Pribadi
Berdasarkan observasi yang kami lakukan beberapa waktu lalu, dapat disimpulkan bahwa SMAN 1 Brastagi menggunakan teori belajar kognitif, dimana para siswa belajar berdasarkan kemauan dan kesadaran mereka sendiri. Ini merupakan hal yang sangat positif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses belajar-mengajar yang sedang berlangsung mereka lebih sering menggunakan orientasi belajar SCL (Student Centered Learning) daripada orientasi belajar TCL (Teacher Centered Learning), dimana sistem pembelajaran ini lebih difokuskan kepada siswa yang berperan sebagai pengantar informasi dan pengetahuan dan guru sebagai pengontrol juga fasilitator yang berperan untuk mengarahkan siswa mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang di harapkan.
Dalam manajemen kelas, sekolah menggunakan gaya penataan auditorium yaitu semua murid duduk menghadap guru. Dan seluruh murid merasa bahwa manajemen kelas/pengelolaan kelas yang di terapkan sudah sesuai dengan yang mereka inginkan. Motivasi mereka dalam belajar berdasarkan perspektif kognitif. Motivasi perspektif kognitif merupakan motivasi yang berfokus pada ide-ide seperti motivasi internal murid untuk mencapai sesuatu, persepsi tentang sebab-akibat, kesuksesan dan kegagalan, terutama persepsi yang merupakan faktor penting dalam prestasi, dan keyakinan mereka bahwa mereka dapat mengontrol lingkungan secara efektif.
Berdasarkan observasi yang kami lakukan terhadap beberapa murid di SMAN 1 Brastagi, dapat disimpulkan bahwa saat ini mereka sudah dapat meningkatkan minat mereka dalam belajar. Perkembangan e-learning di SMAN 1 Brastagi juga menjadi faktor pendorong mereka dalam memotivasi diri supaya lebih giat lagi dalam belajar guna meraih prestasi.
       D.     Testimoni tentang perencanaan dan proses observasi
1.      Kristy Merlin
Perencanaan awal observasi sekolah yang akan kami lakukan tertuju pada sekolah yang ada di medan. Namun, karena waktu sudah tidak terkejar lagi berhubung sekolah di medan yang hendak kami  observasi meminta proposal yang tentunya belum pasti disetujui maka kami memilih melakukan observasi di SMAN 1 BRASTAGI. Selama melakukan observasi di SMAN1 BRASTAGI, saya dan teman-teman disambut baik dan ramah oleh wakil kepala sekolah SMAN 1 BERASTAGI. Saat melakukan observasi di kelas XI IPA-3, saya sangat senang karena kami diterima dengan baik dan adik-adik XI IPA-3 sangat terbuka saat kami hendak melakukan wawancara.

2.      Roswanda Fitri Utami Pelawi
Semula kelompok kami berencana observasi ke sekolah yang ada di Medan saja, berhubung sekolah di Medan meminta banyak persyaratan seperti surat dari dinas makanya kami putuskan ke sekolah SMAN 1 Brastagi. Selain itu juga saya merupakan alumni dari sekolah itu sehingga jalan masuk observasi tidak terlalu memberatkan syaratnya. Saya pribadi sangat senang observasi disana, karena selain sebagai alumni, para gurunya pun sudah saya kenal. Siswa/i nya juga sangat ramah-ramah sehingga proses observasi kami berjalan lancar.

3.      Hetty Juliani
Sewaktu saya melakukan observasi di SMAN 1 Brastagi, keadaan disana tidak ada yang mengecewakan. Disana ruangannya tertata rapi juga kedisiplinannya cukup baik. Pada saat proses pembelajaran semua berjalan lancer sesuai dengan peraturan. Saya juga merasa aman disana karena ramah lingkungan dan bersih. Menurut saya SMAN 1 Berastagi adalah SMA yang mematuhi peraturan. Tidak ada siswa yang keluar masuk pada saat pembelajaran.

4. Dewi Suci Armadhani
Tugas observasi sekolah ini merupakan tugas pertama saya untuk langsung melihat contoh yang sebenarnya ke lapangan. Tentunya saya merasa sangat senang dengan tugas psikologi pendidikan ini. Dengan penuh semangat saya dan teman-teman mencari informasi tentang sekolah yang akan kami observasi. Rencana awal, kami ingin melakukan observasi di sekolah yang ada di Medan. Tapi akhirnya berdasarkan kesepakatan kelompok, kami melakukan observasi di SMAN 1 Berastagi. Salah satu alasannya karena salah satu anggota kelompok kami adalah alumni sekolah itu. alasan yang kedua, kami ingin mengerjakan tugas sambil liburan. Walaupun hanya dilakukan selama beberapa jam, tapi saya sangat menikmati proses ini. Pengalaman saya saat berbagi cerita dengan adik-adik disana adalah pengalaman yang tak terlupakan. Saya bersama kristy harus mengahadapi tingkah-tingkah siswa yang berjumlah 35 orang itu tanpa didampingi sang guru untuk pertama kalinya. Bahkan seorang siswa memvideo kan kami yang sedang gugup saat berbicara didepan kelasnya. Tugas kali ini sangat menambah pengetahuan dan pengalaman saya.
5. Puspita Sari
Perasaan senang menemani perjalanan observasi saya di SMAN 1 Brastagi yang dilakukan bersama teman-teman sekelompok saya. Meski awalnya ingin melaksanakan observasi di sebuah sekolah yang berada di kota Medan, akan tetapi hal itu gagal terwujud dan berakhir pada kesepakatan bersama teman-teman saya yaitu SMAN 1 Brastagi dan bertepatan di kelas XI IPA-2. Sambutan yang hangat kami terima dari wakil kepala sekolah, guru-guru dan juga murid-murid yang berada di sekolah tersebut, meski baru pertama kali, tugas kali ini merupakan pengalaman pertama saya dalam mengobservasi seuah sekolah, banyak pengalam, pengetahuan juaga ilmu yang saya dapatkan dalam tugas observasi tersebut. Terima kasih kepada wakil kepala sekolah, guru-guru, murid-murid SMAN 1 Brastagi dan tidak lupa terima kasih saya kepada ibu Fillia Dina Anggaraeni selaku PD III di Fakultas Psikologi.

      E.     Lampiran gambar saat observasi
1.                  Foto kelompok di SMAN 1 Brastagi
       











 2. Beberapa perangkat SMAN 1 Brastagi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar